Penjelasan Mengenai Magnet


Sebuah magnet adalah sepotong baja yang dapat menarik potongan baja, besi, nikel dan kobalt. Magnet alam ditemukan di Magnesia sebuah kota dekat Smyrna di Turki (kata magnet berasal dari Magnesia ini). Magnet yang dibuat orang pada dasarnya mempunyai tiga bentuk yaitu magnet batang, magnet tapal kuda dan magnet jarum. 

magnet


Berdasarkan asalnya, magnet dibagi menjadi dua kelompok, yaitu magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam adalah magnet yang ditemukan di alam, sedangkan magnet buatan adalah magnet yang sengaja dibuat oleh manusia. Magnet buatan selanjutnya terbagi lagi menjadi magnet tetap (permanen) dan magnet sementara. Magnet tetap adalah magnet yang sifat kemagnetannya tetap (terjadi dalam waktu yang relatif lama). Sebaliknya, magnet sementara adalah magnet yang sifat kemagnetannya tidak tetap atau sementara. Sebuah magnet terdiri atas magnet-magnet kecil yang mengarah ke arah yang sama. Magnet-magnet kecil ini disebut magnet elementer. Pada logam yang bukan magnet, magnet elementernya mempunyai arah sembarangan sehingga efeknya saling meniadakan dan mengakibatkan tidak adanya kutub-kutub di ujung logam. Berdasarkan kemagnetannya, benda dapat digolongkan menjadi dua, yaitu :

  • Benda magnetik: Benda magnetik adalah benda yang dapat ditarik oleh magnet dengan cukup kuat. Contoh: besi, baja, nikel, kobalt.
  • Benda bukan Magnetik (non magnetik): Benda yang sedikit atau tidak dapat ditarik oleh magnet. Bendan non magnetik ini terbagi lagi menjadi bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.

Gaya tarik magnit yang terkuat terdapat pada ujung-ujungnya yang disebut kutub. Apabila sebuah magnit jarum kita gantungkan dengan seutas tali, maka magnit jarum itu selalu mengambil kedudukan yang tetap, satu kutub menunjuk ke utara, dan kutub lain menunjuk ke selatan. Kutub yang menunjuk kearah utara disebut kutub utara dan kutub yang menunjuk ke arah selatan disebut kutub selatan. Jika kutub utara kita dekatkan pada kutub utara, maka kutub utara magnit jarum tadi menghindar (menjauh). Tetapi jika kutub selatan kita dekatkan dengan kutub utara magnit jarum itu, maka mendekatlah kutub utara magnit jarum itu kekutub selatan. Jadi kutub magnit yang senama tolak-menolak dan kutub magnit yang tidak senama tarik menarik. Besar gaya tolak atau gaya tarik antara dua kutub magnit dinyatakan oleh coulomb dengan rumus :

magnet
      Keterangan:    F          = Gaya Tarik (N)
                                Q2.Q1 = Muatan Utama dan Kedua (C)
                                r           = Jarak Benda (m)
                                k          = Konstanta 9.10'9       


Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet yang menyebabkan sebuah muatan yang bergerak di sekitarnya mengalami suatu gaya.

Manfaat magnit dalam teknologi elektronika antara lain untuk :
  • Loudspeaker
  • Microphone
  • Motor tape
  • Head erase tape
  • Motor kipas (fan) pendingin


Tag : Elektronika

Find Us On Facebook

Back To Top